Saturday, April 25, 2020

Kosmos : Buku karya Carl Sagan

Judul buku : Kosmos (Cosmos)
Penulis : Carl Sagan
Penerbit : Kepustakaan Popler Gramedia
Penerjemah : Ratna Satyaningsih
Tahun tebit : 2016
Tebal buku : 454 halam


Sinopsis Buku Kosmos

Benda-benda langit sudah menarik jutaan orang dari awal peradaban manusia, dibanyak peradaban, para cendikiawan sudah memanfaatkan benda-benda langit untuk berbagai keperluan. Mulai dari berlayar melintasi lautan, menentukan penanggalan bahkan untuk meramal masa depan. Benda-benda langit juga membuat orang bertanya-tanya tentang Sang Pencipta, Tuhan Semesta Alam dan bagaimana proses penciptaan itu berlangsung.

Buku ini membahas teori penciptaan alam semesta, dari awal sampai berkembang seperti sekarang dengan milyaran bintang, milyaran galaksi dan milyaran gugus galaksi. Teori asal mula makhluk hidup, teori evolusi juga tidak luput dari buku ini. Ilmuwan-ilmuwan astronomi mulai dari zaman yunani, abad pertengahan hingga modern juga dibahas dengan bahasa yang memukau.

Planet-planet yang ada ditata surya kita, dibahas dengan lengkap, ekspedisi-ekspedisi dengan wahana antariksa menuju planet-planet seperti  Venus, Mars, bahkan hingga ekspedisi menuju satelit dari Saturnus pun dibahas dengan apik sekali. Tetapi hal yang paling memukau yang saya temukan di buku ini yaitu teori mengenai adanya makhluk cerdas lain selain manusia yang ada di kosmos atau alam semesta ini. Perkiraan dengan menggunakan pendekatan matematika bahwa ada juga makhluk cerdas lain di alam semesta ini. 

Buku ini sangat menarik bagi pecinta sains, buku ini wajib dibaca sekali seumur hidup bagi para pecinta astronomi, ilmuwan-ilmuwan sains, guru-guru sains, mahasiswa bahkan bagi para pelajar untuk meningkatkan keingintahuan kita tentang alam semesta dan membuat kita lebih senang lagi dengan ilmu sains.  

Kelebihan : Buku ini akan membangkitkan gairah untuk belajar bagi para pecinta sains terutama astronomi, karena buku ini lengkap dan detail membahas tentang perkembangan dunia astronomi dari awal sampai sekarang.

Kekurangan : Bagi yang tidak suka dengan sains, maka pasti akan bosan membaca, karena berisi detail-detai, perhitungan dan angka-angka yang bisa membuat bosan orang membacanya, dan juga cukup tebal bagi orang yang tidak suka membaca.

No comments:

Post a Comment