Friday, July 17, 2020

Sir Issac Newton

Sir Issac Newton merupakan salah satu ilmuwan terbesar dalam ilmu sains, baik itu fisika, astronomi maupun matematika. Karya-karya ilmiahnya sanggup merubah pandangan sains dan menghantarkan sains menuju level selanjutnya, yang saat itu dunia sains mulai berkembang. Sir Issac Newton merupakan seorang Fisikawan, Teolog, Matematikawan, ahli astronomi dan banyak cabang ilmu yang dikuasainya, menghantarkan dia menjadi salah satu ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam sejarah peradaban dunia. Penemuan-penemuannya merubah dunia dan menghantarkan dunia kita menjadi dunia seperti sekarang.
sumber gambar : akupaham.com

Sir Issac Newton dilahirkan pada tanggal 4 Januari 1643 di Lincolnshire, Inggris. Dilahirkan dari pasangan orang tua yaitu ayahnya bernama Issac Newton Sr dan ibunya Hannah Ayscough. Sebelum dilahirkan, ayah dari Sir Issac Newton telah meninggal karena sakit, dan akhirnya ibunya menikah lagi pada saat Newton berumur 3 tahun. Newton lahir, besar dan meninggal di negara Inggris.

Usia 12 sampai 17 tahun, Newton tinggal di Grantham bersama neneknya dan bersekolah di The Kings School, sempat keluar dari sekolah karena keluarganya menyuruh dia menjadi petani, akan tetapi Newon muda tidak menyukai bertani karena merasa bukan passionnya, akhirnya dia kembali bersekolah dan lulus dari The Kings School pada umur 18 tahun, Setelah itu Newton melanjutkan studinya di Trinity College, Cambridge University, Newton berkembang disini, belajar, meneliti, bereksperimen serta bersosialisasi, dan akhirnya mendapatkan gelarnya di tahun 1665. Di tahun itu terjadi wabah besar di Inggris yang mengakibatkan Universitas Cambridge ditutup, tetapi pada tahun 1667 Newton akhirnya kembali dan mengajar di universitas tersebut. 

Karya-karya Newton yang fenomenal antara lain,
1. Method Of Fluxions (1671)
Buku tentang fluks, istilah lain dari turunan yang dikembangkan oleh Newton, buku ini dibuat pada masa wabah besar di Inggris saat itu, yang menyebabkan Cambridge University ditutup, 

2. De Motu Corporum in Gyrum (1684)
Salah satu karya Newton yang diduga saat itu dikirim kepada ilmuwan Edmund Halley, yang judulnya dalam bahasa latin yang berarti, "Pergerakan benda dalam sebuah Orbit". Judul buku ini hanya perkiraan semata, karena naskah asli dari buku ini telah hilang. Buku ini merupakan jawaban atas pertanyaan yang diberikan Edmund Halley kepada Newton dan sangat mempengaruhi pikiran dia dan para kolega Halley di London. 

3. Philosophiae Naturalis Principia  Mathematica (1687)
Salah satu karya terbesar Newton dalam bidang fisika, buku ini dalam bahasa latin yang artinya "Prinsip Matematika dalam filsafat Alam", atau yang lebih dikenal dengan nama "The Principia". Buku ini membahasa tentang 3 hukum mekanika dasar Newton yang terkenal, hukum gravitasi Universal dan juga penuruna dari Hukum Keppler. 

4. Opticks (1704)
Salah satu karya lagi yang fenomenal oleh Newton dalam bidang fisika, dan dianggap sebagai salah satu karya sains terbaik dalam sejarah manusia. Buku ini membahas tentang refleksi (pemantulan), refraksi (pembiasan) oleh prisma dan lensa, serta difraksi (penghamburan) cahaya putih menjadi beberapa warna. 

5. Reports as Master Of Mint (1701-1725)
Kumpulan laporan yang dibuat oleh Newton selama menjabat menjadi Master Of Mint di Inggris. Master Of Mint merupakan pemimpin dari Royal Mint, lembaga yang membuat uang koin bagi kerajaan Inggris. 

6. Arithmetica Unversalis (1707)
Teks matematika karya Newton berdasarkan catatan-catatannya saat kuliah. Newton sendiri tidak senang dengan diterbitkannya buku ini, buku ini berisi notasi aljabar, aritmatika, hubungan antara geometri dan aljabar serta solusi persamaanya. 

7. An Historical Account of Two Notable Corruptions Of Scripture (1754)
Disertasi oleh Newton tentang dua tokoh DALAM alkitab yang diperdebatkan berdasarkan catatan historis. 

Newton banyak menggeluti jabatan dalam pemerintahan, sebagai pengajar, anggota parlemen, pengawas pembuatan uang logam, pengawas menara astronomi dan sebagainya. Newton juga dikenal sangat eksentrik dalam kehidupannya, hal ini dipengaruhi oleh kehidupan masa kecilnya yang tidak bahagia. Pada tahun 1705 Newton dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Inggris karena sudah memberikan sumbangsih pada ilmu pengetahun dengan karya-karyanya. 

Newton meninggal pada tanggal 20 Maret 1727 pada usia 84 tahun.Newton dimakamkan di Westminster Abby, tempat pemakaman bagi orang-orang penting dan para bangsawan di Inggris. Setelah menerbitkan karya-karya yang fenomenal, nama Newton tetap abadi sebagai salah satu ilmuwan yang berpengaruh dalam dunia sains. Semoga akan muncul-muncul lagi ilmuwan-ilmuwan yang memiliki kualitas yang bagus seperti Newton, yang dapat mengembangkan ilmu sains lebih maju lagi.

No comments:

Post a Comment