Saturday, July 25, 2020

Thermo Gun

Corona Virus Disease-19 (Covid 19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh  virus corona yang melanda bumi dalam beberapa waktu belakangan ini. Virus ini pertama kali teridentifikasi di kota Wuhan di negara tiongkok. World Health Organization (WHO) sudah menetapkan covid-19 sudah menjadi pandemi, yang artinya penyakit ini sudah menyerang wilayah yang sangat luas dan meliputi beberapa negara bahkan sudah lintas benua. Indonesia sendiri terdapat kasus positif covid-19 pertama kali pada saat awal bulan maret tahun 2019 di Depok, Jawa Barat dan sekarang sudah hampir menyebar ke segala penjuru ibu pertiwi.
(sumber gambar : loop.co.id)

Orang yang terpapar virus corona kebanyakan akan gejala yang umum seperti, demam tinggi, hidung beringus, batuk dengan lendir, sesak napas dan dada nyeri saat batuk atau bernafas. Jika terdapat penyakit bawaan, covid-19 dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan menyebabkan kematian. Sebelum bertambah parah, gejala-gelaja covid-19 ini harus kita kenali, sehingga pertolongan cepat dapat dilakukan. Salah satu cara yang populer saat ini untuk mengenali gejala covid-19 adalah dengan mengukur suhu tubuh seseorang, alat yang umum digunakan saat ini adalah thermo gun atau termometer inframerah.

Thermo gun adalah alat pengukur suhu yang menggunakan prinsip inframerah dalam penggunaanya. Berbeda dari termometer konvesional yang dulu, thermo gun lebih akurat dan penggunaanya tanpa menyentuh tubuh kita. Prinsip kerja thermo gun yaitu menangkap gelombang inframerah yang dipancarkan tubuh kita karena pergerakan molekul-molekul tubuh. Thermo gun, mulai populer sekarang dikalangan masyarakat karena penggunaannya yang mudah, simpel dan mudah dibawa kemana saja. Kebanyakan digunakan di mall, bandara, sekolah, kantor dan tempat-tempat umum lainnya. 

Cara memakai thermo gun, tinggal kita dekatkan pada tubuh kita, biasanya pada bagian dahi, kurang lebih sekitar 5 cm dari dahi atau kening, kemudian kita pencet tombol  dan secara otomatis akan terbaca suhu tubuh kita. Thermo gun sudah berteknologi digital sehingga hasil yang didapat akan lebih akurat dan praktis. Sebelum menggunakan thermo gun, jangan lupa di kalibrasi terlebih dahulu alatnya supaya tidak terjadi kesalahan membaca suhu yang akan berakibat fatal jika tidak berhati-hati. 

Termho gun atau termometer infrared dalam penggunaanya tidak hanya untuk mengukur suhu tubuh manusia, banyak bidang industri yang memakai alat ini dalam pekerjaanya. Bidang astronomi, untuk mengukur suhu-suhu benda antariksa, mengukur suhu kabel pada saat dipakai dan sebagainya. Jadi thermo gun mempunyai banyak fungsi atau kegunaan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. 

No comments:

Post a Comment