Saturday, August 1, 2020

Interstellar : Film fiksi ilmiah yang wajib di tonton!

Pernahkah kalian membayangkan suatu saat pergi menjelajah ke luar angkasa menuju bintang-bintang? Pasti akan sangat seru dan sangat menantang. Sebelum kalian benar-benar membayangkan pergi ke luar angkasa, alangkah bagusnya jika kalian menonton film ini untuk menambah referensi kalian.Salah satu film yang mengangkat tema penjelajahan antariksa adalah Interstellar. Film ini sangat seru dan menegangkan, wajib di tonton oleh kalian para pecinta fisika. pecinta astronomi, penikmat film bahkan masyarakat awam.


Film ini wajib di tonton karena kisahnya yang menarik dan tidak biasa. Di bintangi para aktor-aktor yang terkenal yang aktingnya sudah tidak diragukan. Salah satu film yang mendapat rating yang bagus di situs-situs review film. Film ini juga terdapat unsur edukasinya bagi para pecinta fisika dan astronomi, karena banyak ilmu-ilmu tentang fisika maupun astronomi yang ditampilkan dalam film ini. Jadi kalian tidak akan menyesal jika menonton film ini untuk menambah ilmu pengetahun ataupun untuk mencari kepuasan dalam menonton film.

Film ini bercerita tentang perjalanan sebuah tim astronot yang terdiri dari 4 orang bersama robot AI (artificial intelligence) yang terdiri dari para ilmuwan NASA menjelajahi antariksa untuk mencari planet yang bisa menopang kehidupan, karena pada saat itu bumi sudah tua dan tidak bisa lagi mendukung kehidupan karena banyak sekali wabah yang menyerang tanaman sehingga tanaman terutama tanaman pangan tidak lagi dapat di produksi. Mereka menjelajah dengan pesawat antariksa bernama Endurance yang akan melewati wormhole yang ada di orbit saturnus. Wormhole merupakan lubang yang dapat menembus ruang dan waktu menuju tempat lain di kosmos.

Mereka akan menyelidiki 3 calon planet yang layak huni yang dahulu sudah pernah dikunjungi oleh para astronot sebelum mereka, dan hanya memberikan sinyal untuk menuju planet tersebut. Kemudian mereka  akan kembali dan mencoba membawa manusia ke planet yang layak huni. Perjalanan mereka penuh dengan intrik yang membuat kita tegang dan merasakan sensasi perjalanan ke luar angkasa. Cerita ini juga penuh dengan plot twist yang menjebak dan tidak kita sangka di akhir film ini. 

Interstellar di bintangi oleh-oleh aktor dan aktris yang sudah malang melintang di Hollywood. Pemeran utamanya adalah Mattew McConaughey sebagai Cooper yang telah mendapat Oscar di tahun 2013 dan banyak penghargaan lainnya. Anne Hathway berperan sebagai Amelia Brandt, rekan seperjalan Cooper, yang terkenal juga lewat banyak film dan aktingnya sudah tidak diragukan. Michael Caine berperan sebagai Professor Brandt, seorang profesor yang merancang perjalanan ini, Caine juga merupakan aktor yang sudah malang melintang di dunia perfilman. Sutradara dari film adalah Christopher Nolan, seorang sutradara handal yang sudah menyutradarai film-film box office yang dengan tangan dinginnya sudah membuat film-film berkualitas yang sayang jika kita tidak menontonnya. 

Dalam film ini, banyak sekali ilmu terkait fisika yang bisa kita dapat. Salah satunya adalah teori relativitas khusus Einstein yang menyatakan bahwa segala sesuatu itu relatif, bahkan waktu sekalipun. Ada teori anak kembar yang mengatakan jika ada dua orang anak kembar, yang satu menjelajah angkasa dengan kecepatan cahaya, maka jika dia telah kembali ke bumi maka saudara kembarnya akan menjadi lebih tua dari umurnya karena pengaruh perjalanan dengan kecepatan cahaya tadi. Dalam film ini, Cooper dan timnya yang mendatangi salah satu planet  yang bernama planet Miller yang dekat dengan black hole akan mengalami dilatasi waktu, yang satu jamnya sama dengan 7 tahun di bumi. Jadi nanti saat Cooper bertemu dengan anaknya yang ditinggal saat kecil, anaknya yang bernama Murph saat itu sudah menjadi orang tua yang sudah berbaring di ranjang , dan Cooper sendiri umurnya tidak berbeda jauh saat dia pergi meninggalkannya.

Itulah beberapa alasan mengapa Interstellar wajib kalian tonton. Silahkan tonton film ini untuk menambah pengetahuan kalian. Meskipun film ini berdurasi 2 jam 49 menit pasti tidak akan terasa panjang karena betapa mengagumkannya film ini. Semoga terhibur!


No comments:

Post a Comment