Friday, August 28, 2020

Pembahasan TKD Saintek Fisika tahun 2018 Kode naskah : 453 no. 11-15

11. Dalam peluruhan sebuah ini 238 U 92 hingga stabil menjadi sebuah inti 206 Pb 82 dihasilkan sejumlah partikel alfa dan beta (elektron). Jumlah partikel alfa dan beta yang di hasilkan adalah ....

A. 8 alfa dan 6 beta

B. 6 alfa dan 8 beta

C. 8 alfa dan 4 beta

D. 6 alfa dan 4 beta

E. 6 alfa dan 6 beta

Pembahasan : 

Kita tuliskan dulu reaksi intinya

Kemudian kita cari dan nilai x dan y dari reaksi diatas, dimana x adalah jumlah partikel alfa dan y adalah partikel beta. Kita cari dulu jumlah reaksi dari nomor massa tiap partikel diatas,
kemudian kita cari lagi nomor atom tiap partikel diatas,
Jadi jumlah alfa 8 dan beta 6. Jawaban (A)

12.  Cahaya merupakan gelombang transversal

SEBAB

Cahaya dapat mengalami polarisasi yang disebabkan oleh peristiwa refleksi maupun refraksi

Pembahasan :

Soal ini ada soal tentang sebab akibat, cahaya memamg sebagai gelombang transversal.  pernyataan tersebut benar. Nah sifat dari gelombang transversal ini dapat mengalami polarisasi, baik secara refleksi, refraksi maupun Absorbsi, alasannya juga benar. Jadi jawabannya menyatakan hubungan sebab akibat. Jawaban (A)

13. Dua bola kecil A dan B masing-masing bermuatan listrik Q. Kedua bola di tempatkan terpisah dan tidak dapat di geser. Kemudian sebuah bola kecil ringan C yang bermuatan -0,5Q diletakkan tepat ditengah-tengah antara bola A dan bola B. Mula-mula bola C diam. Ketika bola C digeser sedikit mendekati bola B lalu dilepas. bola C bergerak kembali melewati posisi semula dan terus medekati bola A.

Sebab

Bola A menarik bola C lebih kuat daripada bola B saat awal.

Pembahasan :

Pada saat awal, bola C di taruh di tengah-tengah, ketiga bola tersebut akan seimbang, karena memiliki gaya yang sama dan akan saling tarik menarik. Akan tetapi saat bola C di geser sedikit mendekati bola, gaya listrik antara bola B dengan bola C akan lebih besar karena gaya listrik itu berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Jadi bola C akan lebih ketarik mendekati bola B. Pernyataan diatas salah dan alasannya juga salah. Jawaban E

14. Dua buah benda yang bermassa mengalami gerak osilasi dengan frekuensi sama. Simpangan maksimum kedua benda berbeda. Diantara pernyataan berikut, manakah yang benar?
(1) Setiap titik pada kurva memuat informasi tentang energi kinetik.
(2) Energi mekanik kedua benda sama
(3) Jika osilasi benda merupakan osilasi pegas, konstanta kedua pegas sama.
(4) Energi potensial maksimum kedua benda sama

Pembahasan : 

Kita bahas tiap poinnya,
(1)  Selama gerak menggambarkan perubahan energi kinetik, dimana pada saat di titik setimban energi kinetiknya maksimum dan saat di simpangan maksimum energi kinetiknya sama dengan nol. (benar)

(2) Untuk mencari energi mekanik osilasi kita menggunakan rumus
dimana A merupakan amplitudo (simpangan maksium). Karena simpangan maksimum kedua benda berbeda maka energi mekanik kedua benda juga berbeda. (salah)

(3) Pada pegas , untuj mencari frekuensi kita gunakan massa dan konstanta pegas. Karena massa benda dan frekuensi pegas kedua benda sama, maka konstanta kedua pegas juga sama (benar)

(4) Energi potensial maksimum akan terjadi saat simpangannya juga maksimum, karena kedua benda memiliki simpangan maksimum yang berbeda, maka energi potensial maksimumnya juga berbeda. (salah)
Jadi pernyataan yang benar adalah (1) dan (3). Jawaban (B).

15. Suatu tabung yang berisi air terbuka di atas sehingga ketinggian permukaan air dapat diatur. Resonansi kedua (nada atas pertama) terjadi ketika panjang kolom udara 45 cm di atas permukaan air. Jika cepat tambat punya di udara adalah 339 m/s, manakah diantara pernyataan berikut yang benar?
(1) Panjang gelombang bunyi adalah 45 cm
(2) Frekuensi resonansi pertama adalah 565 Hz
(3) Nada dasar terjadi ketika panjang kolom udara 30 cm
(4) Resonasi ketiga terjadi ketika panjang kolom udara 75 cm diatas permukaan air

Pembahasan : 

Kita bahas tiap pernyataan ,
(1) Pada nada atas pertama, untuk mencari panjang kolom udaranya adalah 3/4 dari panjang gelombangnya, oleh karena itu kita bisa dapatkan panjang gelombangnya,
Jadi panjang gelombangnya 60 cm. (salah)

(2) Untuk mencari frekuensinya bisa kita gunakan persamaan diatas dengan mengganti panjang gelombangnya,


Jadi frekuensinya 565 Hz. (benar)

(3) Pada nada dasar, panjang kolom udara adalah 1/4 panjang gelombangnya
Jadi panjang kolom udaranya 15 cm. (salah)

(4) Resonansi ketiga pada saat nada atas kedua, dan kolom udaranya 5/4 dari panjang gelombangnya. 
Jadi panjang kolom udaranya 75 cm (benar)

Jadi pernyataan yang benar adalah (2) dan (4). Jawaban (C)


No comments:

Post a Comment